Senin, 07 Oktober 2013

Analisa Manfaat Berdirinya Suatu Perusahaan Dengan Menggunakan Teori Utilitarian (Tugas 2 Etika Bisnis)




Teori

Etika Utilitarian adalah paham dalam filsafat moral yang menekankan manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar, untuk menentukan bahwa suatu perilaku baik jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. dalam konsep ini dikenal juga “Deontologi” yang berasal dari kata Yunani “deon” yang berarti kewajiban. Deontologi adalah teori etika yang menyatakan bahwa yang menjadi dasar baik buruknya suatu perbuatan adalah kewajiban seseorang untuk berbuat baik kepada sesama manusia, sebagaimana keinginan diri sendiri selalu berlaku baik pada diri sendiri.Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada masyarakat disekitar.

Kasus

Dalam tugas kali ini saya akan menganilis tentang manfaat dari kehadiran perusahaan PT. Lego Label Indonusa jalan Suci no 4  dilingkungan saya.
Analisis

Dilingkungan tempat saya tinggal terdapat perusahaan yang bernama PT. Lego Label Indonusa jalan Suci no 4  perusahaan ini bergerak dibidang garment atau tekstik pakaian Dengan adanya perusahaan yang ada di lingkungan saya ini sangat membantu warga, pada perusahaan ini sebagian besar pegawainya berasal dari lingkungan tempat saya tinggal (khususnya wanita).dan sebagian besar yang dibutuhkan perusahaan ini kebanyakan adalah wanita oleh sebab itu warga disini khususnya wanita (usia 17-30 tahun) tidak lagi yang namanya menggangur. warga disini sangat terbantu dengan adanya perusahaan ini, karena dapat memberikan pertumbuhan ekonomi bagi warga sekitar sekaligus membantu tambahan keuangan pada keluarga mereka dan dengan adanya perusahaan ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga atau pendatang yang ingin mencari kerja.perusahaan ini cukup terkenal di dalam negri dan luar negri oleh karena itu pegawai akan dilatih agar dapat mempunyai kreatifitas yang tinggi sehingga dia akan dapat menghasilkan produk yang sangat berkualitas hal ini sangat bermanfaat karena dia sudah dibekali ilmu-ilmu yang diberikan perusahaan jadi seandainya ia keluar dan menjadi seorang perancang atau konfeksi dia sudah mempunyai bekal yang matang.

Referensi

Dr. Keraf, A. Sonny. Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya.Yogyakarta: Kanisius 2006

                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar