Sabtu, 08 Januari 2011


KEMESRAAN

           Kemesraan berasal dari kata dasar mesra,yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang udah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.filsuf Rusia, Salovjef dalam bukunya makna kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar ke luar dari cinta diri.ia mulai hidup untuk orang lain”. pernyataan ini dijabarkan sacara indah oleh william shakespeare dalam kisah “romeo dan juliet”,bila di indonesia kisah roro mendut-pronocitro.
         Yose Ortage Y Gasset dalam novelnya “on love” mengatakan “dikedalaman sanubarinya seorang pencinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan obyek cintanya.persatuan bersifat kebersamaan yang mendasar dan melibatkan seluruh eksistensinya”. Selanjutnya yose mengatakan,bahwa si pencinta tidaklah kehilangan pribadinya dalam aliran enersi cinta tersebut.malahan pribadinya akan diperkaya, dan dibebaskan. Cinta yang demikian merupakan pintu bagi seseorang untuk mengenal dirinya sendiri.dari uraian diatas terlihat betapa agung dan sucinya cinta itu. Bila seseorang mengobral cinta,maka orang itu merusak nilai cinta,yang berarti menurunkan martabat dirinya sendiri.cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan.kemesraan adalah perwujudan dari cinta kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia.dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni dengan kemampuan dan bakatnya.
               Tiap manusiapernah bercinta,hanya saja tidak setiap manusia dapat melahirkan rasa cinta dalam bentuk seni.bagi penyair mencurahkan rasa cintanya adalah biasa chairul anwar mencurahkan kemesraanya dalam bentuk yang bebas dari bentuk yang ada.coba resapilah sajak kemesraan chairul anwar dibawah ini:
               
AJAKAN
Ida
menembus sudah cahaya
udara tebal kabut
kaca hitam lumut
pencar-pencar sekarang
di ruang tengah lapang
mari ria lagi
tujuh belas tahun kembali
bersepeda sama-gandengan
kita jalani ini jalan
ria bahagia
tak acu apa-apa
gembira riang
biar hujan datang
kita mandi basahkan diri
tahu pasti sebentar kering lagi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar